Info

Welcome to My Website

WELCOME TO THE DEMON WORLD

About The Dark Knight

Nama saya Noer Ramadhan, tetapi anda semua bisa memanggil saya Adan...Saya hanyalah seseorang yang biasa-biasa saja dan bukanlah orang yang pintar, tetapi saya ingin berusaha dan mencoba mempelajari serta mengembangkan sesuatu yang menarik bagi saya...Well,,saya rasa itu saja sekilas tentang saya...So, Thanks's for your visit...

January 11, 2011

Marketing Mix

A. Pengertian Marketing Mix

     Marketing Mix adalah kombinasi dari strategi produk, harga, promosi, dan distribusi dalam mencapai tujuan pemasaran. Marketing Mix juga sering disebut strategi 4P (Product, Price, Promotion, and Placement) dalam pemasaran yang merupakan alat yang dapat digunakan produsen untuk mempengaruhi konsumen. Marketing Mix dapat juga diartikan sebagai kombinasi dari 4 kegiatan perusahaan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk, struktur harga, sistem distribusi, dan kegiatan promosi.

B. Strategi Marketing Mix

    Perencanaan dalam pemasaran mencakup penentuan strategi yang akan diambil agar produk dapat terjual ke tangan konsumen. Ini bererti bahwa tugas dari manajemen pemasaran adalah bagaimana mengkomunikasikan keberadaan produk kepada pasar, sehingga dalam pikiran konsumen muncul perhatian akan produk tersebut. Jika image suatu produk bermutu tinggi, serta memiliki kelebihan dibanding produk lain, maka tugas manajemen pemasaran akan bergeser bagaimana mempertahankan image tersebut agar melekat di pikiran para konsumennya.
    Para pengusaha dapat mempengaruhi konsumen melalui produk yang ditawarkan. Produk dapat dibuat sedemikian rupa supaya menarik perhatian konsumen, misalnya warna yang menarik, bungkus/kemasannya cantik, dan ukurannya praktis. Sebagai contoh, kecap ABC sejak dahulu rasanya terkenal enak dan mampu menggugah selera makan, ternyata juga tidak berhenti pada kepuasan nama yang telah diperolehnya. Dengan pasar yang bertambah luas dan berkembangnya para pengusaha kecap sejenis, perusahaan juga menawarkan produk dalam berbagai pilihan kemasan. Hal itu dikarenakan, perusahaan kecap ABC menyadari bahwa konsumennya sangat beragam, mulai dari rumah tangga yang menganggap lebih praktis jika membeli kecap dengan kemasan sachet, hingga ke restoran yang membutuhkan kecap dalam jumlah yang besar (dalam kemasan botol).
    Strategi dalam penyediaan produk adalah penentuan saluran distribusi produk yang dinilai paling efektif dalam penyediaan produk secara cepat dan tepat sesuai dengan keinginan konsumen.

C. Contoh Penerapan Marketing Mix

   Ada 2 jenis contoh penerapan strategi marketing mix, yaitu strategi pemasaran untuk barang konsumsi dan barang industri.

1. Contoh penerapan marketing mix untuk barang konsumsi

a. Riset dan Analisis Pasar, meliputi:
  • Peramalan data masa lalu untuk barang-barang yang dibeli secara teratur
  • Survey melalui surat kabar
  • Pengambilan sampel untuk pasar yang lebih luas
  • Pengujian pasar untuk mengurangi risiko
b. Produk, meliputi:
  • Menentukan bentuk produk
  • Menentukan brand name
  • Menentukan kriteria pemberian garansi
  • Menentukan pembungkusan produk
c. Penetapan Harga, meliputi:
  • Harga berorientasi pada biaya produksi
  • Permintaan cenderung elastis
d. Promosi, meliputi:
  • Periklanan di surat kabar dan majalah
  • Sponsorship
e. Distribusi, meliputi:
  • Menggunakan saluran pemasaran agen-perantara-konsumen akhir
  • Penjualan langsung melalui pos
  • Alat transpor untuk pengiriman ditentukan oleh biaya dan waktu


2. Contoh penerapan marketing mix untuk barang industri

a. Riset dan Analisis Pasar, meliputi:
  • Survey untuk pembeli yang kurang potensial
  • Pengumpulan data dengan kontak langsung
  • Pengujian pasar untuk mengurangi risiko
b. Produk, meliputi:
  • Nama dan reputasi perusahaan sangat penting
  • Menekankan pada pelayanan purna jual
  • Mengarahkan pada hubungan pembeli dan penjual untuk menentukan produk akhir
  • Pembungkusan penting sebagai pelindung
c. Penetapan Harga, meliputi:
  • Harga berorientasi pada permintaan untuk barang-barang standar
  • Harga lebih mudah dikendalikan
  • Permintaan cenderung elastis untuk barang-barang yang dibuat atas dasar pesanan
d. Promosi, meliputi:
  • Penting menggunakan salesmen
  • Digunakan iklan dan promosi penjualan
e. Distribusi, meliputi:
  • Tidak menggunakan perantara
  • Pemilihan alat transpor ditentukan oleh faktor waktu dan biaya

0 comments:

Post a Comment